Mercedes-Benz GL-Class Pimpin SUV Mewah Terbaik 2010


Sepanjang 2009 – 2010 hampir semua produsen meluncurkan varian Sport Utility Vehicle (SUV). Sejumlah fitur teknologi canggih menjadi kelengkapan yang disuguhkan kepada calon konsumen. Bila diamati antara satu dengan lainnya nyaris tak berbeda.
Begitu pun dengan kenyamanan dan kemewahan yang ditawarkan. Namun, dari sejumlah SUV itu memiliki satu atau lebih keunggulan yang tidak dimiliki oleh SUV lainnya. Di antara mereka juga menjadi pilihan konsumen mulai dari orang biasa hingga tokoh kesohor tingkat dunia.
Hasil riset yang dilakukan oleh media dan lembaga penelitian otomotif tingkat dunia seperti Car and Driver, Consumer Reports, Edmunds, serta Motor Trend beberapa bulan menjelang akhir 2010 ini yang dilansir iseecars.com akhir pekan lalu, menunjukkan empat SUV terbaik di tahun ini.
Penilaian meliputi jumlah yang dipilih pembaca, pengujian performa, kelengkapan dan keunggulan fitur, desain dan lain-lain. Berikut keempat SUV tersebut :
1. New Mercedes-Benz GL-Class
SUV besutan Mercedes Benz ditawarkan dalam beberapa varian. Selain memiliki tingkat akselerasi yang cepat, ruang interior yang lega dan mewah, juga efisien bahan bakar.
Kursi baris kedua memiliki ruang yang leluasa bagi penumpang dewasa. Mereka akan merasa nyaman dengan gaya duduk apa pun. Varian bermesin disel 3.000 cc V6 Blue Tech memiliki performa yang sangat bagus.
Selain ringan, akselerasi cepat, getaran mesin nyaris tak terasa. Sehingga orang tidak akan pernah mengira bahwa mereka tengah menunggang mobil bermesin disel.
Mobil ini dibanderol mulai US$60.950 atau sekitar Rp 554,64 juta.
2. New Acura MDX
Mobil SUV buatan Honda ini menjadi favorit kalangan peshor di dunia. Maklum, selain memiliki tenaga cukup besar, akselerasi yang cepat, juga menawarkan kenyamanan raung kabin yang tinggi.
Mobil ini menyandang mesin 3.700 cc V6 yang menyemburkan tenaga 300 daya kuda dan torsi 373 Newton meter (Nm). Selain itu, mobil ini juga irit bahan bakar di kelasnya.
Hasil uji Environmental Protection Agency (EPA) Amerika Serikat, Acura MDX hanya mengkonsumsi 16 liter bahan bakar untuk jarak 100 kilometer (km) di jalanan kota. Sedangkan di jalan bebas hambatan, konsumsi bahan bakarnya hanya 12 liter untuk menempuh jarak 100 km.
Varian berpenggerak empat roda (AWD) memiliki suspensi yang handal sehingga pengendalian mobil sangat mudah di ringan.
Bahkan, pengemudi dan penumpang tidak akan merasakan guncangan kala mobil melibas tingkungan tajam dan lintasan bergelombang.
Honda membanderol SUV ini mulai US$42.580 atau sekitar Rp 387,74 juta.
3. Infiniti QX56
SUV mewah milik Nissan Motor itu menyandang mesin 5.600 cc V8 DOHC yang menghasilkan tenaga 315 daya kuda pada 4.900 rpm dan torsi 390 lb ft pada 3.600 rpm. Diproduksi dalam dua varian yaitu berpenggerak dua dan empat roda (AWD).
Satu hal yang membuat mobil ini nyaman adalah peranti suspensinya. Di roda bagian depan menggunakan independent double wishbone dengan stabilizer bar. Sedangkan di roda belakang menggunakan independent double wishbone dengan auto leveling serta stabilizer bar.
Jarak antara bangku baris depan dengan 104 centimeter (cm), di kursi baris kedua 104,7 cm dan kursi baru ketiga 80 cm. Infiniti membanderol SUV ini US$ 56.050 atau sekitar Rp 510 juta.
4. Lexus LX570
SUV besutan Lexus – merek mewah Toyota – itu dibekali mesin 5.700 cc yang menghasilkan tenaga 270 kW dan torsi 530 Newton meter (Nm) pada 4.000 rpm. Mesin tersebut dioperasikan secara elektronik dengan teknologi transmisi enam percepatan otomatis sequential terbaru yang khusus didesain untuk kerja berat.
Generasi terbaru SUV ini terbilang irit bahan bakar. Hasil pengujian EPA menunjukkan, mobil ini hanya butuh 14,5 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 100 km.
Menariknya, dibanding generasi sebelumnya peranti Antilock Brake System (ABS) mobil ini mampu beradaptasi dengan berbagai jenis lintasan yang dilalui.
Sementara, perangkat hill start system yang disandangnya dirancang untuk melakukan pencegahan risiko kala mobil melibas lintasan licin. Lexus membanderol SUV andalannya itu US$ 78,555 atau sekitar 714, 85 juta.

0 Response to "Mercedes-Benz GL-Class Pimpin SUV Mewah Terbaik 2010"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme